Pages

Sabtu, 24 Agustus 2013

Festival Grebeg Rowo

Pantai Lembupurwo juga terkenal dengan even “Grebeg Rowonya”.  Sebuah festival tahunan yang sudah menjadi tradisi masyarakat Mirit dan diadakan setiap bulan Hijriyah Syawal atau setelah lebaran Idul Fitri. Biasanya Grebeg Rowo jatuh pada hari ke tujuh lebaran, bertepatan dengan arus balik euforia liburan lebaran. Alig-alih sepi pengunjung, jatuhnya Grebeg Rowo pada hari terakhir justru membuat pantai ini sangat ramai wisatawan, baik dari sekitar Kebumen maupun dari luar kota.
 
  Setidaknya pada satu dasawarsa terakhir ini, festival Grebeg Rowo menyedot hampir lebih dari dua ratus ribu pengunjung pantai dalam satu hari. Pada tahun 2013 tim dari UGM pernah mencatat, pengunjung pantai pada saat Grebeg Rowo dapat mencapai lebih dari seribu per lima belas menit, mereka terdiri dari orang dewasa dan anak-anak. Hal itu membuat para pedagang yang memadati sepanjang area pantai kebanjiran omzet.

Pedagang musiman pada even Grebeg Rowo rata-rata berasal dari warga sekitar, sebagian lainnya masyarakat dari daerah-daerah di Kebumen. Diantara mereka ada yang berjualan barang-barang merchandise hingga hewan-hewan dan makanan laut. Ada juga yang menyediakan jasa penyewaan wahana kolam renang, kapal mesin, bahkan kuda joged.




0 komentar:

Posting Komentar